Lompat ke isi utama

Berita

SEKOLAH KADER PENGAWASAN PARTISIPATIF(SKPP) TINGKAT DASAR TAHUN 2021

SEKOLAH KADER PENGAWASAN PARTISIPATIF(SKPP) TINGKAT DASAR TAHUN 2021

Salah satu misi Bawaslu adalah mendorong pengawasan partisipatif berbasis masyarakat. Namun, sebelum sampai pada pengawasan Pemilihan Umum, keterlibatan Masyarakat pengawalan demokrasi harus terlebih dahulu melalu proses sosialisasi dan transfer pengetahuan serta keterampilan pengawasan Pemilihan Umum. Dengan semangat transfer pengetahuan dan keterampilan itu, Bawaslu menginisiasi Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP).
SKPP adalah gerakan bersama antara Bawaslu dengan masyarakat untuk menciptakan proses Pemilihan Umum yang berintegritas, Disatu sisi, Bawaslu menyediakan layanan pendidikan, di sisi masyarakat, pemilih berinisiatif untuk turut berpartisipasi mengawasai penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah.
SKPP bertujuan meningkatkan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis tentang pengawasan bagi kader-kader pengawas dan pemantau Pemilihan Umum serta sarana berbagi pengetahuan dan keterampilan tentang partisipatif masyarakat. Dengan itu, pada tahun 2021 ini Bawaslu Provinsi RI menyelenggarakan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar dengan melibatkan 3 (tiga) Bawaslu Kabupaten/Kota. Berkegiatan di Kabupaten Tanah Datar, acara berlangsung di Emersia Hotel n Resort tanggal 16 - 18 September 2021.
SKPP Tingkat Dasar ini sedianya diikuti oleh 74 peserta, tetapi dihadiri oleh 69 peserta yang terdiri dari Kabupaten Tanah Datar (39), Kabupaten Solok (20) dan Kabupaten Sijunjung (10) peserta. Kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari ini dibuka oleh Wakil Bupati Tanah Datar dan Forkopimda, Tenaga Ahli Bawaslu RI dan diisi dengan materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber diantaranya Pimpinan Bawaslu Provinsi Sumatera Barat dan Perwakilan dari Perludem. Sebagai Moderator diisi oleh Anggota Bawaslu Kab/Kota yang diundang.
Dihari terakhir peserta diberikan Postest sebagai evaluasi terhadap materi pembelajaran yang diberikan selama kegiatan. Setelah acara ditutup, para peserta yang mengikuti kegiatan diberikan Sertifikat SKPP 2021 dan Buku Panduan SKPP oleh Bawaslu RI. (admin-sesa)